Tips Mengatasi "The Selected disk has an MBR partition table On EFI Systems. Windows Can Only be installed to GPT Disks"

Assalamualaikum... selamat datang di blok saya.. pada kesempatan kali ini saya akan share permasalahan teknis yang sering membuat kepala pening apalagi bagi para installer pemula kayak saya,,, hehehe Ok singkat cerita, kali ini saya akan membagikan TIPS JITU mengatasi permasalahan "The Selected disk has an MBR partition table On EFI Systems. Windows Can Only be installed to GPT Disks" pada saat instalasi windows (biasanya terjadi pada proses instalasi windows 7 dan 8). cerita pengalaman, belum lama ini, yah sekitaran 2 bulan lalu lah.. saya dimintai tolong oleh rekan kerja untuk menginstall ulang laptopnya karena sering HANG, jadi karena lagi gk ngapa2in sy langsung eksekusi ... hehehe awalnya sih ok-ok saja, sampai pada tahap pembagian partisi dan selecting disk to install... karena biasanya saya gk ada masalah di tahap ini jadi saya langsung format habis deh partisi C nya, tau tau pas saya mau install, eh gk bisa... muncul peringatan kayak gini nih.... ;(
saya kalangkabut deh... browsing browsing di internet, alhamdulillah akhirnya nemu beberapa tips.. kebanyakan sih ngasih Tips buat format hardisknya dari MBR Ke GPT, tp disini saya punya cara JITU yang gak bikin ribet karena kalau mau format hardisk otomatis data datanya di BackUp dulu donk.. Repot Kan ??? Oke... Langsung Ke TKP. Pada contoh kasus kali ini saya menggunakan Drive Installer Live USB. untuk booting live USB tentunya file ISO dari windows harus di extract ke dalam FlashDisk, Disinilah Trik Jitunya.... Saya menggunakan sebuah aplikasi yang boleh dibilang ampuh dan mujarab untuk mengekstrak file installer windows tadi. Nama Aplikasinya Rufus Bootable Creator aplikasi ini sangat simple dan mudah digunakan... Langkah Pertama Double klik file .exe hasil download anda pada link diatas, maka akan muncul tampilan seperti ini (jangan Lupa, sebelum itu Usb FlashDisk nya udah harus tercolok)
Langkah Kedua Perhtikan bagian yang saya beri tanda angka 1,2 dan 3. 1 adalah Volume Label dari Device USB Anda, biasanya Rufus secara otomatis mendetksi device anda, jadi tidak perlu aksi apa apa. Nah 2 adalah Inti dari Postingan ini :) pada bagian nomer 2 ini, silahkan anda ubah "MBR PARTITION SCHEME FOR BIOS OR UEFI" menjadi "GPT PARTITION SCHEME FOR UEFI COMPUTER". selanjutnya 3 adalah tahap pemilihan file ISO yang akan di ekstrak.
pilihlah file ISO anda dan klik Open. Kemudian Klik START untuk memulai proses ekstraksi. sesaat akan muncul peringatan seperti ini
ini menginformasikan pada user bahwa operasi tersebut akan menghapus (memformat) seluruh data pada USB FlashDisk, Klik OK Selanjutnya, proses pembuatan USB Bootable berjalan.. tunggu sampai selesai.
Demikianlah TIPS mengatasi masalah "The Selected disk has an MBR partition table On EFI Systems. Windows Can Only be installed to GPT Disks" ... ternyata hal yang bikin lumayan pening bisa teratasi dengan cara yang sangat mudah :D Selamat Mencoba, jangan lupa tinggalkan komentar yah :D ..........

Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Tips Mengatasi "The Selected disk has an MBR partition table On EFI Systems. Windows Can Only be installed to GPT Disks""

  1. Terima kasih buanyakkkk, sangat membantu sekali, selama ini itulah yang menjadi masalah bagi saya ketika instal laptop keluaran baru...

    ReplyDelete
  2. punya saya masih tidak bisa mas, pening bgt ini.. sayang kalau harus ngeformat hdd secarakeseluruhan. tapi spertinya caranya hanya itu. mohon saran jika masnya ada solusi?

    ReplyDelete
  3. engga bisa gan, tetep aja error waktu install windows 10, mohon pencerahannya dong

    ReplyDelete
  4. Tetep gabisa install windows 10 di laptop hp.

    ReplyDelete
  5. Tetep gabisa install windows 10 di laptop hp.

    ReplyDelete
  6. lah ini windows.ny korup jadi gak bisa masuk windows otomatis gak bisa back up data itu gmn mhon penjelasannya

    ReplyDelete
  7. maaf gan itu gambarnya ko beda dengan yag tertulis katanya pindah ke GPT tapi yg terlihat digambar yg udah di klik star ko masih MBR

    ReplyDelete
  8. tulisan dan gambar tidak sesuai.
    yang benar ikuti gambar aja brow..
    ane dah coba berhasil.
    wwww.esandar.co.id

    ReplyDelete
  9. Thanks....bekerja dengan sangat baik. Sekarang lagi proses instaling Windowsnya. Sekali lagi, makasih ya Bro. Semoga jadi amal jariyah.

    ReplyDelete
  10. Mantap bang.... tanpa harus dihapus semua disk

    ReplyDelete
  11. Maaf Bang bukannya harusnya scheme nya pilih yg mbr bukan yg gpt

    ReplyDelete
  12. Thanks agan, semaleman cari cara ternyata ane salah format rufusnya, krna lupa format sbelumnya MBR malah format UEFI gagal mulu hampir delete all partition.. Thanks gan gegara liat postingan ini ane inget sbelumnya format UEFI..

    ReplyDelete
  13. Joss, makasih banyak gan infonya,.

    ReplyDelete
  14. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic. It help me very much to solve some problems. Its opportunity are so fantastic and working style so speedy. furniture removals pretoria

    ReplyDelete